Cara Gadai Dan Tebus Smartphone di Pegadaian

Halo semua...
Kita semua mungkin sudah tau fungsi dari Pegadaian ya. Bila kita terdesak butuh uang kita bisa menggadaikan barang berharga kita di Pegadaian. Contohnya seperti emas dan smartphone bahkan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor bisa digadaikan.
Nah kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya menggadaikan smartphone saya karena kebetulan lagi butuh dana tambahan untuk mudik 2018 kemarin.

Saat Menggadaikan 
Saya menggadaikan smartphone Xiaomi Redmi 5 saya yang saya beli sekitar 1.8 jutaan pada Mei 2018 lalu.
Saat tiba di kantor Pegadaian ada satpam yang menyambut saya, bilang saja ke satpam kalau ingin menggadai barang setelah itu akan diarahkan ke counter yang melayani gadai dan disuruh duduk mengantri dahulu. Setelah tiba giliran saya, saya memperlihatkan smartphone Xiaomi Redmi 5 saya ke counternya.
Wajib fullset dan kondisi hp sehat
Setelah diperiksa kelengkapannya dan kondisi hp nya saya diberikan pinjaman maksimal Rp 500.000 dan jatuh temponya selama 2 bulan, dan saya iyakan pinjaman tersebut. Setelah itu saya disuruh mengisi formulir pinjaman yang ada di meja counter sambil menunjukkan KTP asli saya. Isi form tersebut meliputi nama saya, alamat, nomor hp, serta nama ibu kandung saya serta nomor hp ibu kandung saya.
Setelah mengisi formulir pinjaman saya disuruh duduk kembali menunggu uang pinjaman Rp 500.000 tersebut cair. Setelah sekitar 10 menit saya dipanggil ke counter sebelahnya untuk mengambil uang tersebut dan menandatangi nota pinjamannya. Ada 2 nota yang saya pegang yakni copyan formulir pinjaman dan nota pinjamannya. Dan petugas counter tersebut memberitahukan apabila ingin menebus kembali hp saya tersebut harus mengirim sms 1 (satu) hari sebelum hari ingin menebus hp saya ke nomor yang telah ditunjuk. Oh ya saya diminta biaya adm Rp 5.000 saat proses pencairan dana ini, langsung saja saya bayar ataupun bisa juga dipotong di pinjaman kalau sobat tidak bawa uang.

Syarat utama menggadaikan hp di pegadaian :
- Diutamakan hp/smartphone yang sedang tren saat ini (Android/Apple)
- Wajib fullset
- Hp tidak rusak/error/padam
- Ada bon pembelian lebih bagus karena mudah ditaksir

Kenapa saya hanya mendapatkan pinjaman 500ribu saja padahal hp Redmi 5 saya harga barunya 1.8 juta ? Menurut petugas counternya, maksimal pinjamannya didapat dari 60% harga jual second hp saya. Jadi ya dapatnya Rp 500.000 saja.

Saat Penebusan 
Alhamdulillah sekitar 2 minggu setelahnya saya mendapatkan rezeki untuk menebus hp saya di pegadaian.
Seperti yang telah dijelaskan diatas jika ingin menebus barang yang kita gadai kita harus sms nomor nota kita ke pegadaian satu hari sebelum menebusnya. Esoknya saya ke pegadaian sekitar jam 10 pagi membawa nota pinjaman serta uang tebusan Rp 500.000 dan langsung menuju ke counter pegadaian. Setelah nota diberikan saya menunggu sekitar 5 menit nama saya dipanggil, saya langsung membayar uang Rp 500.000 serta menandatangani nota asli yang mereka miliki dan hp Redmi 5 saya sudah saya ambil kembali.

Bukti penebusan :
Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gadai Dan Tebus Smartphone di Pegadaian"

Post a comment