Yamaha Vixion Dari Masa Ke Masa

Halo semua...
Yamaha Vixion merupakan salah satu produk motor sport naked 150cc produksi Yamaha Motor Indonesia   Yamaha Vixion dibekali mesin 150cc, fuel injection, berpendingin cairan serta ditunjang rangka deltabox dan monosok untuk memberikan pengalaman berkendara yang bagus. Tidak terasa Yamaha Vixion telah lahir dalam beberapa generasi. Dilansir dari liriapro.com (27/08/2017), berikut Liriapro bahas sekilas Yamaha Vixion dari masa ke masa, ini dia.
Yamaha Vixion (1st gen)
Pada tahun 2007 merupakan awal yang baru untuk teknologi sebuah motor sport di Indonesia, Yamaha Vixion hadir sebagai motor sport 150cc, SOHC 4 Valve Liquid Cooled berfitur paling modern saat itu dibandingkan kompetitornya (Honda Megapro, Suzuki Thunder, Bajaj Pulsar Series). Bagaimana tidak, Yamaha Vixion hadir membawa fitur fuel injection (saat kompetitor masih karburator), velg racing 17 inch (saat kompetitor masih dengan velg 18 inch) dan rangka perimeter atau sebutan Yamaha adalah Deltabox (disaat kompetitor masih dengan rangka diamond/double cradle). Desain Yamaha Vixion pun tampak keren dan kompak karena rangka deltabox tadi, untuk performa mesin 150cc 5 speed-nya mencapai 14.88HP pada 8.500 rpm sudah cukup untuk riding di dalam kota. Bobotnya pun cukup ringan untuk kelas sport yakni 125kg.
Yamaha Vixion Facelift
Pada tahun 2010 Yamaha mengupgrade tampilan Vixion, lampu depan adalah perubahan yang paling tampak lebih modern. Selain itu warna rangka deltabox dibuat lebih gelap, tabung suspensi tepan dilabur warna hitam. Secara keseluruhan tampak lebih keren dan macho. Untuk spesifikasi mesin tidak ada yg berubah.
Yamaha Vixion Lightning

Yamaha Vixion Lightning
Larisnya Yamaha Vixion namun tanpa perubahan desain yang berarti membuat Yamaha meluncurkan Yamaha Vixion dengan desain baru sekitar tahun 2013 silam, memang sudah waktunya Vixion harus kena upgrade tampilan. Yamaha menghadirkan Vixion Lightning yang memiliki desain bodi yang total baru yang terlihat lebih kekar. Rangka deltabox tetap dipertahankan, fitur baru yang hadir yaitu spidometer kombinasi analog dan digital dengan sapaan 'hi bro', piring cakram belakang, ukuran ban dan velg yang lebih besar, built in rear grab bar, serta kunci kontak berada di tangki dengan tambahan secure key shutter. Untuk segi performa mengalami peningkatan power menjadi 16.59HP pada 8.500 rpm dan torsi 14,5 nm pada 7.500 rpm. Namun sayangnya bentuk lampu depan Vixion Lightning ini kurang sporty sehingga dikeluhkan oleh pecinta Vixion. Bisa diakali dengan menggunakan cover headlamp yang banyak dijual di pasaran (part aftermarket).
Yamaha Vixion Advance
Yamaha Vixion Advance merupakan penerus dari seri Vixion Lightning, diluncurkan pada tahun 2015 Vixion Advance membawa perubahan penting yang diinginkan konsumennya, yakni tampilan lampu depan / headlamp yang kini lebih keren dan meruncing, shroud yang lebih tegas dan cover crankcase berwarna gold yang secara keseluruhan Vixion Advance ini terlihat lebih keren dan eye catching, terutama yang warna Movistar GP.
All New Vixion "Live The Legend"
Tahun 2017 Yamaha Vixion mendapat ubahan total di sektor mesin dan desain, yup, All New Vixion hadir menggantikan Vixion Advance. All New Vixion hadir dengan desain yang 'pro dan kontra' karena desainnya yang dianggap kurang sporty. Bagian lampu depan mirip Yamaha MT25 dan bagian belakangnya mirip Yamaha Xabre. Yang juga menjadi perbincangan adalah bagian bodi tengah motor ini karena shroudnya dianggap aneh karena berbentuk panjang menyambung ke tengah bodi. Posisi kunci stang yang semula di tangki seperti Vixion Advance kembali ke area setang. Fitur baru yang hadir adalah spidometernya sudah full digital dengan sapaan yang bisa kita buat dengan nama kita sendiri, hadirnya fitur assist dan slipper clutch, saklar lampu hazard, dan lampu depan dan belakangnya sudah LED. Kaki-kaki termasuk lebar dengan hadirnya ban 120/70 (belakang) dan 90/80 (depan). Motor ini memiliki power 12,2kw (sekitar 15HP) pada 8.500rpm dan torsi 14.5nm pada 7.500 rpm.
All New Vixion R
Selain All New Vixion, Yamaha juga menghadirkan All New Vixion R yang memiliki fitur satu tingkat diatasnya, mengadopsi dari fitur yang dimiliki Yamaha R15 V3. Secara desain sekilas tampak sama namun memiliki beberapa perbedaan seperti emblem Vixion R, jok Vixion R memiliki motif jahitan, velg, swing arm allumunium dan desain knalpotnya layaknya R15 V3. Untuk mesin Yamaha Vixion R membawa mesin 155cc, SOHC 4 Valve dengan VVA, 6 speed yang mampu memuntahkan power 19,3PS pada 10.000RPM dan torsi 14,7Nm pada 8500 RPM. Sayangnya Vixion R belum berfitur upside down. Jika dilihat secara keseluruhan Vixion R terlihat lebih sporty karena fitur yang 'diadopsi' dari R15 V3 tadi. Sekilas perbedaan Vixion biasa dan Vixion R bisa dilihat pada foto diatas.
Nah itu dia sekilas perjalanan Yamaha Vixion dari awal kemunculannya tahun 2007 silam. Sudah 10 tahun tidak terasa Vixion menjadi sport 150cc yang fenomenal di tanah air. Ditengah persaingan panas sport naked 150cc Vixion masih tetap bertahan. Semoga berguna...

Vixion, plesetan dari "Future Action"? Sumber: Dok. pribadi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yamaha Vixion Dari Masa Ke Masa "

Post a Comment