5 fitur motor yang sepele tapi berguna !

Halo sobat Liria
Setelah kemarin kita ngebahas 5 fitur motor jadul yang gak ada lagi di motor jaman sekarang disini, kali ini topiknya lain lagi, yakni 5 fitur motor yang kita anggap sebagai fitur yang sepele, tapi sebenarnya amatlah berguna, cekidot !


- Sari guard
Oke bisa dibilang sari guard ini cuma ada di motor-motor wilayah India sana, karena kebanyakan pemboncengnya adalah wanita yang pakai rok yang lebar. Sebenarnya di Indonesia gak sedikit juga pembonceng wanita yang pakai rok atau tas yang agak panjang. Fitur sari guard ini mencegah rok/tas pembonceng masuk ke velg dan bikin nyangkut.


- Indikator gigi
Biasanya fitur ini sering absen di motor sport ataupun motor entry level, padahal fitur ini cukup berguna ketimbang kita mengira-ngira motor kita sudah di gigi berapa.


- Chain stopper
Chain stopper berguna mencegah rantai motor nyangkut di sproket belakang kalau tiba-tiba rantainya putus di jalan. Gak semua motor menerapkan fitur ini di sproket belakangnya.


- Engine kill switch
Banyak pembicaraan mengenai fungsi utama si tombol buat matiin mesin ini, tapi menurut saya fungsinya cukup penting semisal motor kita mengalami masalah seperti konslet ataupun jatuh saat insiden, tombol engine kill ini berperan lebih cepat mematikan mesin ketimbang kita memutar kunci kontak. Atau bisa juga sebagai tombol rahasia kali ya ? Tombol engine kill ini lebih banyak diterapkan di motor sport ketimbang motor bebek, apalagi skutik.


- Lubang intip oli
Kalau mau mengecek kualitas ataupun ketinggian oli mesin biasanya kita melakukannya dengan dipstik/stik oli. Namun pada beberapa sepeda motor pada bagian bak koplingnya telah dilengkapi lubang untuk mengintip oli, lebih mudah dan cepat bukan ? Cuma ngintip doang kok hehehe...

Semoga menginspirasi :)

Liriapro Blog
Sumber gambar : Google image


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 fitur motor yang sepele tapi berguna ! "

Post a comment