5 fitur motor jadul yang gak ada lagi di motor jaman sekarang !

Halo sobat Liria
Makin kesini perkembangan otomotif  di Indonesia khususnya sepeda motor memang mengalami kemajuan yang cukup pesat.
Berbagai teknologi dan fitur baru pun disematkan sampai-sampai fitur pada motor jadul pun 'dihilangkan' karena dianggap sudah terlalu jadul. Berikut fitur yang tidak kita jumpai lagi di motor modern kini :


1. Rak depan
Harus diakui sepeda motor sekarang (apalagi matic), memiliki bagasi yang cukup besar yang bisa muat helm full face, sehingga fitur rak depan ini gak cocok lagi diterapkan di motor jaman sekarang. Contoh motor yang pakai rak depan ini adalah Honda Astrea Prima/Astrea Grand, Suzuki RC 80/RC100 dll.

2. Reflektor depan
Padahal diluar negeri sana penggunaan reflektor depan yang warnanya kuning ini masih diterapkan, khususnya di moge. Tapi di tanah air kita fitur ini sudah dianggap jadul mungkin ya. Padahal cukup berguna saat riding/parkir motor dimalam hari.


3. Penutup rantai full atas bawah
Padahal penutup rantai model full ini cukup berguna melindungi rantai dari percikan air/becek dan rok pembonceng agar gak melilit, namun sudah gak ada pabrikan yang terapkan lagi.


4. Kunci setang terpisah
Melihat semakin hebatnya para pencuri motor saat ini (secure key shutter pun bisa dibobol), mungkin saatnya kita melirik lagi fitur yang satu ini, kunci ignition dan kunci stang dibuat terpisah, memang para rider agak sedikit repot karena untuk mengunci stang harus melalui kunci bagian bawah (dekat roda depan), namun fitur ini juga membuat maling motor agak kualahan kalau ingin mencuri motor kita. Contoh motor yang pakai kunci stang terpisah ini ada di Honda Cub 70, Suzuki RC100/Bravo dll



5. Buzzer sein/Flasher berbunyi
Ini fitur yang lumayan membuat aman saat riding sob, ketika kita menghidupkan lampu sein maka akan diikuti suara bip...bip... yang cukup besar, sehingga pengendara lain tau kita akan berbelok, dan kejadian kita lupa mematikan lampu sein pun bisa diminimalisir. Namun motor jaman sekarang gak ada yang nerapkan... Contoh motor yang pakai buzzer sein adalah Yamaha F1ZR, motor biasa juga bisa menggunakannya karena flasher buzzer sein ini dijual dengan harga yang cukup murah sekitar 20-30 ribuan.

Last kalau kita lihat fitur diatas memang sangat fungsional sekali, namun ya itu tadi karena perkembangan jaman dan desain sepeda motor yang makin keren sehingga fitur diatas tersebut (mungkin) sudah tergantikan oleh yang lebih modern, atau juga kurang cocok sama selera orang Indonesia (?) .
Oke sekian dan semoga berguna ...

Liriapro Blog
Sumber gambar : Google Image

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 fitur motor jadul yang gak ada lagi di motor jaman sekarang ! "

Post a Comment