First Experience Naik Batik Air JKT-BTJ (19 Juni 2018)

Pengalaman pertama naik pesawat maskapai Batik Air.

Sebenarnya untuk naik pesawat sudah beberapa kali namun untuk Batik Air baru pertama kali ini. 
Untuk harga tiket umumnya tarif dari Batik Air ini harganya diatas Lion Air, namun dibawah Garuda Indonesia, artinya Batik Air ada di tengah-tengah dua maskapai tersebut.
Bandara Soetta, 19 Juni 2018 Pagi Hari
Perjalanan rute Jakarta - Banda Aceh (JKT-BTJ) langsung (no transit) tanggal 19 Juni 2018, pesawat lepas landas sekitar jam 7.45 pagi, maka itu jam 7 pagi kita sudah harus melapor untuk mendapatkan boarding pass di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, suasana saat itu sangat ramai, bisa jadi karena arus balik lebaran idul fitri. 

Singkat cerita akhirnya saya sudah berada di dalam pesawat Airbus A320-nya Batik Air, dibagian depan ada kelas bisnis yang dipisah dengan kelas ekonomi. Saya membeli tiket kelas ekonomi.

Untuk posisi dan luas tempat duduk sama seperti pesawat kelas ekonomi lainnya, dan kata orang di kelas ekonomi Batik Air ada panel LCD di belakang kursi untuk hiburan (film, musik) namun di pesawat yang saya naiki ini belum ada, sangat disayangkan. Untuk hal-hal seperti prosedur sebelum take off tidak ada masalah. 

Saat pesawat take off dari Bandara Soetta cuaca sedang bagus/cerah dan Alhamdulillah pesawat take off dengan mulus tanpa gejala goyang/mengayun yang bikin jantung mau copot. FYI saat take off adalah saat mendebarkan karena pesawat dalam kondisi yang 'berat'  karena bahan bakar pesawat yang penuh ditambah bobot barang dan penumpang membuat mesin  jet bekerja keras dibandingkan pesawat saat ingin landing/mendarat.

Selama diperjalanan sekitar 1 jam kemudian pramugari menawarkan makanan dan minuman untuk disantap dalam pesawat. Ada nasi goreng, roti dan air putih. Rasanya enak dan porsinya pas untuk makan di pesawat. Dan selama di perjalanan cuaca dan awan baik-baik saja sehingga pesawat minim guncangan, kalaupun ada hanya guncangan kecil yang sebentar saja.

Akhirnya selama total 2 jam perjalanan pramugari menginfokan bahwa sebentar lagi akan mendarat di Bandara SIM Banda Aceh, pilot berhasil mendaratkan pesawat dengan mulus dan Alhamdulillah saya tiba di Banda Aceh sekitar pukul 10.00 pagi lewat sedikit. 

Jadi secara keseluruhan maskapai Batik Air ini dari segi pelayanan sudah lumayan bagus (1 tingkat diatas Lion Air), on time dan bisa bersaing dengan maskapai besar seperti Garuda atau Citilink, semoga ke depannya fitur LCD di belakang kursi segera terpenuhi seutuhnya agar penumpang tidak jenuh apabila perjalanan yang panjang. Semoga berguna dan menginspirasi... 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "First Experience Naik Batik Air JKT-BTJ (19 Juni 2018)"

Post a comment