Mengenal Komponen Airbag Pada Mobil

Hi,
Mobil-mobil keluaran sekarang mayoritas sudah menggunakan fitur keamanan berupa airbag/balon udara yang mengembang saat terjadi kecelakaan untuk meminimalisir resiko cedera kepala yang parah pada pengemudi atau penumpang yang duduk di depan.
ilustrasi - google image

Nah bagi yang ingin tau komponen penyusun airbag pada mobil bisa membaca sampai habis artikel ini, sekaligus bisa jadi panduan untuk merestorasi airbag pada mobil sobat selain dari bodi part yang juga harus direstorasi akibat kecelakaan.

Komponen penyusun airbag pada mobil

Sensor Airbag 
Sensor airbag biasanya dipasang di bagian depan mobil (dekat mesin), mengembangnya airbag dikarenakan sensor airbag menerima benturan keras dari depan sehingga sensor memberikan sinyal kepada komputer airbag untuk segera mengembangkan airbag. Jadi jangan heran apabila ada mobil yang tidak mengembang airbagnya saat kecelakaan, bisa jadi sensor airbagnya tidak terbentur.

Computer Airbag
Sesuai namanya komputer airbag ini bertugas sebagai 'otak'nya airbag, komputer Airbag bertugas memberi sinyal kepada kedua balon airbag untuk segera mengembang.

Kabel Spiral
Kabel spiral berfungsi memompa airbag agar bisa mengembang (cmiiw)

Airbag Steer Toyota Agya

Airbag Passenger Toyota Agya
Airbag steer dan passenger 
Ini adalah part utama dari sebuah airbag. Setelah benturan saat kecelakaan diterima oleh sensor airbag, diteruskan ke komputer airbag, kabel spiral dan akhirnya airbag yang berada pada stir dan dasbor penumpang mengembang.

Penyebab airbag tidak mengembang :
- Sensor airbag tidak terbentur/tidak kena saat kecelakaan (tabrakan dari depan).
- Sensor rusak
- Modul / airbag rusak/error




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Komponen Airbag Pada Mobil"

Post a comment