Kebiasaan Yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

Halo semua...
Aki ataupun baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sepeda motor. Peran aki cukup banyak mulai dari untuk kelistrikan hingga pengapian motor. Perawatan pada aki tentu dibutuhkan agar masa pakai aki lebih lama dan dalam batas wajar dalam mengganti aki. 

Berdasarkan pengalaman Liriapro, seringkali dalam  kebiasaan kita sehari-hari sering kita lakukan hal-hal yang membuat aki motor lebih cepat drop sehingga masa pakainya lebih cepat .Apakah itu, ini dia... 

Image: gogoblog.co

Sering Memakai Elektrik Starter
Menghidupkan mesin sepeda motor dengan elektrik starter memang lebih mudah, namun sebaiknya hindari hal ini ketika menyalakan mesin di pagi hari atau berkendara dalam rute yang pendek, karena aki membutuhkan daya yang besar untuk menjalankan elektrik starter dan butuh waktu untuk pengisian kembali (recharge) dari regulator/kiprok motor kita.

Image: ridertua.com

Memakai Banyak Lampu Aksesoris
Menggunakan lampu aksesoris memang membuat tampilan motor jadi lebih indah dan lebih aman, namun jika berlebihan maka aki akan lebih cepat soak.

Image: otorider.net

Kurang Kontrol 
Khusus pada aki basah tentu kita wajib mengontrol tinggi cairan aki apakah masih dalam batas normal, jika kurang tentu wajib diisi cairan aki. Sekalian juga kita harus memeriksa kepala aki apakah masih layak digunakan untuk menghindari korsleting.

Image: kompas otomotif

Kurang Memanaskan Motor
Jika motor kita jarang dipakai atau lebih banyak terparkir di garasi, ada baiknya setiap pagi dinyalakan sebentar untuk mencegah aki soak dan agar oli mesin tidak mengendap di dalam mesin. 

Akibat dari aki sudah ngedrop tentu saja kelistrikan jadi terganggu seperti cahaya lampu yang redup, starter tidak hidup dengan semestinya dan tenaga motor jadi berkurang. So mari kita rawat aki motor kita. Semoga berguna...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebiasaan Yang Bikin Aki Motor Cepat Soak"

Post a comment