Nostalgia : 5 Fitur yang (cuma) ada di hp jadul !

Halo sobat Liria
Jaman sekarang ini hp udah pada canggih-canggih semua, mempermudah kehidupan kita melalui fitur-fiturnya, atau lebih kita sebut sebagai ponsel pintar atau smartphone. Namun bukan berarti kita lupa pada tahun 2000an silam saat musimnya hp-hp yang sudah kita anggap hp jadul untuk 2017 ini.

" Tanpa sistem operasi ataupun spesifikasi canggih, hp jadul tetap memiliki fitur yang kalau dibilang di 2017 ini sudah atau hampir punah, nah berikut 5 fitur yang cuma ada di hp jadul, cekidot..... "



- Casing yang bisa diganti
Hp jadul terutama Nokia seperti Nokia 3315,3350,2100,3660,7610 sampai Nokia N70 punya casing yang bisa diganti-ganti agar nampak lebih personal, casingnya pun bisa dibeli di toko hp, modelnya juga buanyak. Bandingkan dengan hp jaman sekarang, casingnya sudah model permanen.

Nokia 5730 Xpressmusic
- Keyboard QWERTY fisik
Meskipun hp layar sentuh mencerminkan kecanggihan teknologi, namun gak sedikit juga yang kurang suka dengan layar sentuh.Beberapa hp jadul menyediakan keyboard fisik QWERTY agar pengetikan jadi lebih mudah. Contohnya ada Nokia E63, Nokia Communicator, Sony Ericsson P1/i dan masih banyak lagi.

contoh java game buatan Gameloft
- Java games
Buat gamer ponsel generasi tahun 2000 hingga 2010 pasti pernah merasakan nge-game di platform Java, meskipun Java game ukurannya kecil namun gameplaynya cukup mengasikkan dan pastinya gak bikin hp cepat panas, gak ada iklan-iklan yang bergentayangan seperti di beberapa game Android sekarang. Perjuangan mendapatkan Java game pun beragam, kalau yang tajir bisa beli lewat mobile internet, kalau yang mau hemat tinggal ngacir ke warnet trus download mentahannya di Internet dan meng-copy file nya ke Hp.

- Desain atraktif
Gak bisa dipungkiri hp jadul punya desain atraktif dan menjadi ciri khas merek tersebut, coba lihat Nokia, Samsung, Sony Ericsson, Motorolla semuanya punya desain hp sendiri. Jika kita liat hp sekarang terutama Android, desainnya malah mirip satu sama lain dan sulit dibedakan.

- Buku panduan tebal
Ini pengalaman waktu dulu beli hp Nokia 3350 sekitar tahun 2003, harganya sekitar 1,5 jutaan, bos nya cukuo besar dan berat, isi didalamnya pun ada charger yang cukup berat dan buku manual yang lumayan tebal kayak buku catatan, isinya pun lengkap mulai dari cara hidupin hp sampai cara sms pun dijelaskan. Coba bandingin sama hp jaman sekarang, kayak kertas suara aja buku manualnya hehehe.

So itulah beberapa fitur yang ada di hp jadul, saya buat berdasarkan pengalaman dulu waktu punya Nokia 3350 sampai Nokia 3650 yang kini akhirnya menyerah alias sudah padam dimakan jaman. So buat yang masih punya hp jadul mari lestarikan kasih nampak ke anak cucu kita bahwa hp jadul memang beda rasanya.
Oke sekian dan semoga berguna.

Liriapro Blog
Gambar dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Nostalgia : 5 Fitur yang (cuma) ada di hp jadul ! "

  1. Menjadi primadona pada saat itu, terlebih keberadaan ponsel pintar hanya sebatas pada tablet besar dan E-paper. Itu terjadi sebelum negara api menyerang eh alias teknologi belum secanggih sekarang.

    ReplyDelete