Pilih mana ya ? Vivo V5 atau Oppo F1S

Halo sobat Liria
Akhir-akhir ini saya mendapat banyaknya pertanyaan dari teman ataupun di dunia maya tentang bagusan mana antara 2 smartphone selfie : Vivo V5 dan Oppo F1S...
Nah kali ini saya ingin membandingkan keduanya, saya tidak bilang mana yang bagus (tidak memihak) namun saya memberi perbandingan antara 2 smartphone tersebut , cekidot...

Desain, nyaris sama !
Baik Vivo V5 maupun Oppo F1S memiliki desain (bahkan garis desain) yang bisa dibilang hampir sama, sama-sama metal unibody, peletakan posisi fingerprint sensor juga sama, yang agak berbeda adalah di Vivo V5 pada kamera depannya ada lampu flash, sedangkan Oppo F1S tidak ada karena mengandalkan screen flash.

Layar
Kedua smartphone ini sama-sama dibekali layar 5,5 inchi resolusi HD plus model 2,5D ,  267 ppi dan juga sama-sama sudah dilengkapi Gorilla Glass. Tapi entah kenapa jika melihat layar Vivo V5 warna yang dihasilkan lebih cerah. Sobat bisa cek sendiri nanti kalau gak percaya :)

User Interface / UI
Nah kalau ini masing-masing punya UI tersendiri. Oppo F1S memiliki ColorOS 3 yang tampilan UI nya mirip sama UI nya Xiaomi yaitu MiUI, bisa sobat bandingkan jika ada teman sobat yang pakai Xiaomi.
Sedangkan Vivo V5 memiliki FunTouch OS yang memiliki UI agak mirip iOS. Swipe layar dari atas ke bawah untuk melihat notifikasi masuk, sedangkan swipe layar dari bawah ke atas untuk melihat toggle panel dan multitasking.

Prosesor
Punya harga di kisaran 3,5 juta smartphone ini memang sudah dibekali spesifikasi mumpuni dan performa ngebut. Oppo F1S dan Vivo V5 sama-sama memiliki prosesor Mediatek MT6750 Octa Core 1.5Ghz. Pada Oppo F1S kapasitas RAM nya adalah 3GB, namun pada Vivo V5 kapasitas RAMnya sudah 4GB . Untuk urusan multitasking jelas Vivo V5 sedikit lebih unggul.


Memori
Kedua smartphone ini sudah dilengkapi memori internal sebesar 32GB, bisa ditambahkan memori microSD hingga 128 GB.
Pada Vivo V5 penambahan memori microSD dilakukan secara hybrid (mengorbankan Sim 2 ) sedangkan pada Oppo F1S sudah ada tray nya sendiri (Dual Sim + 1 microSD Slot) . Oppo F1S unggul dalam hal ini.

Dual sim tray + microSD tray pada Oppo F1S
Kamera depan
Nah disini senjata utama alias nilai jual utama kedua smartphone ini.
Kedua smartphone ini sama-sama punya resolusi kamera depan lebih besar daripada kamera belakangnya, maklum untuk selfie sob...
Pada Oppo F1S kamera depannya beresolusi 16Megapixel, screen flash dengan fitur beautification untuk hasil selfie yang lebih cantik.
Pada Vivo V5 kamera depannya beresolusi 20 Megapixel dengan LED Flash (Vivo menyebutnya Softlight) dengan fitur beautification juga.
Secara resolusi Vivo lebih unggul karena resolusi kamera depan yang sangat besar, efeknya jika foto selfie anda di crop hasil fotonya masih tajam.
Kalau urusan hasil foto kedua smartphone ini hanya beda tipis saja (pengalaman pribadi).

Baterai
Baik pada Vivo V5 maupun Oppo F1S sudah ditanamkan baterai dengan ukuran yang lumayan besar, 3.075 mAH pada Oppo F1S dan 3.000 mAH pada Vivo V5. Ketahanan baterai kedua smartphone ini bisa mencapai hampir 1 hari jika digunakan untuk bermain sosmed. Intinya cukup deh buat keseharian sobat.


HiFi
Nah ini fitur yang ekslusif ada di Vivo V5, adanya chip HiFi membuat suara yang dihasilkan lebih jernih, suara HiFi nya ini bisa sobat dengar dengan memakai headset. Oppo F1S minus fitur ini.


Fingerprint
Kedua smartphone ini sudah dibekali fingerprint dengan kemampuan unlock smartphone extra cepat sob , sekitar 0.2 detik. Secepat kedipan mata mungkin ya.

Kedua smartphone diatas dibanderol dengan harga sekitar 3,5 jutaan sob.
Dengan spesifikasi dan desain yang hampir mirip, semoga sedikit perbandingan diatas bisa menjadi referensi sobat untuk membeli salah satunya. Jika ada yang ingin menambahkan atau sharing bisa di kolom komentar, semoga berguna.

Spesifikasi Oppo F1S (GSM Arena)
http://m.gsmarena.com/oppo_f1s-8239.php

Spesifikasi Vivo V5 (GSM Arena)
http://m.gsmarena.com/vivo_v5-8430.php

Liriapro Blog
Gambar by google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilih mana ya ? Vivo V5 atau Oppo F1S "

Post a Comment