Perbedaan Fisik Piston Engine Toyota Avanza VVTi (2006-2015) Dengan Toyota Avanza Dual VVTi (2016-)

Perbedaan Fisik Piston Engine (Standart)
Antara :
-Toyota Avanza VVTi 1.300cc (2006-2015)
Nomor part 13101-BZ110, dan
-Toyota Avanza Dual VVTi 1.300cc (2018)
Nomor part 13211-0Y011

Di artikel ini saya cuma membahas perbedaan fisik yang nampak/secara umum saja, bukan pembahasan yang lebih spesifik dan teknis ya.

Dari fisik kemasan part, keduanya dipaking dengan kotak yang ukurannya sama.
Kiri : Dual VVTi, Kanan : VVTi
Dari Unboxing
Saat dibuka dalam kemasannya pada Piston Toyota Avanza G VVTi sudah lengkap dengan pen pistonnya, sedangkan pada Toyota Grand Avanza Dual VVTi hanya tersedia piston saja, tidak ada pen piston.

Penampakan Fisik Dari Atas
Piston Toyota Grand Avanza Dual VVTi terlihat agak "jenong' dengan coakan untuk 4 buah klep-nya, sedangkan Toyota Avanza VVTi terlihat hanya 2 buah coakan untuk klep-nya. Sebesar apa pengaruh piston seperti gambar diatas , silahkan bertanya pada mekanik yang berpengalaman ya.

Penampakan Fisik Dari Samping 

Piston Toyota Grand Avanza Dual VVTi terlihat lebih pendek dan pada dinding pistonnya ada semacam lapisan "molybdenum" (cmiiw) agar gesekan antara piston dan dinding silinder lebih halus, efeknya tentu saja ke efisiensi bahan bakar. Sedangkan pada piston Toyota Avanza VVTi (gambar kanan) tidak ada lapisan tersebut.

Penampakan Bagian Belakang 

Nah itu dia sekilas gambaran umum perbedaan fisik piston engine/piston mesin. Karena Toyota Avanza series merupakan mobil yang sudah lama beredar di Indonesia tentu saja butuh pembaharuan di sektor mesin. Maka itu pada Toyota Grand Avanza / Daihatsu Great New Xenia terjadi perubahan komponen mesin yang cukup banyak. Sekian dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Fisik Piston Engine Toyota Avanza VVTi (2006-2015) Dengan Toyota Avanza Dual VVTi (2016-)"

Post a Comment