Impresi Fisik Sensor ISC Xenia/Avanza 1.300cc Kemasan Daihatsu Dan Toyota

Halo semua...
Bagi pengguna Daihatsu Xenia 1.300cc maupun Toyota Avanza 1.300 khususnya yang sudah berteknologi vvti pasti pernah merasakan gejala rpm (putaran mesin) yang tidak stabil saat stasioner/langsam terutama saat AC dinyalakan. Akibat dari putaran mesin stasioner yang tidak stabil tentu saja putaran mesin bisa naik ataupun turun dengan tiba-tiba dan mesin mati sendiri karena tidak mau langsam.
Penyebabnya beragam mulai dari jarang servis, saringan udara kotor, busi ataupun koil minta diganti, namun jika komponen diatas baik-baik saja bisa jadi komponen yang rusak adalah sensor ISC.
Sensor ISC atau Idle Speed Control sesuai namanya berfungsi mengatur stasioner mesin saat langsam agar mesin dalam kondisi stasioner yang benar. Apabila sensor ISC ini kotor/rusak tentu gejala mesin tidak mau langsam sudah pasti terjadi.

Buat yang belum tau sensor ISC Avanza/Xenia begini fisiknya :
pict by tokopedia 

Nah untuk suku cadang aslinya tersebut sobat bisa membelinya di partshop dealer maupun toko spare part terpercaya di daerah sobat, berikut nomor part dan harga HET nya :

89690-BZ010-001 Actuator Assy Idle Speed Control/Sensor Langsam, Harga Price List Rp 485.000,- (Juli 2017) 

Untuk kemasannya sendiri sobat bisa jumpai sensor langsam ini dalam dua jenis kemasan, ada yang kemasan Daihatsu Genuine Parts dan Toyota Genuine Parts. Sebenarnya sama saja sih, karena Mobil Xenia dan Avanza itu memang pada dasarnya sama, sama-sama rakitan Astra, jadi suku cadangnya pun dibuat dalam dua merek. Namun apakah isi barangnya sama ? Berikut kita lihat impresi fisiknya...

Fisik Kotak
Pada bagian bungkusan/kotak part ini tampil dengan ciri khasnya masing-masing, Daihatsu dengan ciri khas kotak dengan motif bulat-bulatnya dan Toyota dengan ciri khas kotak bertuliskan Toyota-Lexus-nya.
Untuk yang Daihatsu penulisan nomor partnya lebih lengkap yakni 89690-BZ010-001 sedangkan Toyota lebih simpel saja yakni 89690-BZ010, mungkin ini hanya standar pabrik saja. Untuk partnya sendiri bertuliskan Made In USA pada kedua merek.

Unboxing dan Impresi Fisik 
Saat part ini dibuka, baik kemasan Daihatsu maupun Toyota, part didalamnya (sensor langsamnya) terbungkus dalam kemasan bubble wrap, untuk membukanya kita harus merobek/menggunting bubble wrap-nya dulu. Namun karena part ini masih untuk dijual maka tidak saya buka karena bisa bermasalah nanti waktu dijual (pembeli malah tidak yakin karena bubble wrap sudah dibuka).
Setelah beberapa saat membandingkan fisik sensor langsam Toyota dan Daihatsu ini, bisa saya pastikan bahwa fisiknya sama, tidak ada perbedaan warna maupun kode-kode pada fisik sensor langsam, so buat sobat yang ingin membeli sensor langsam ini tidak menjadi masalah jika mereknya Toyota maupun Daihatsu.
Yang patut sobat waspadai adalah adanya sensor langsam tiruan/kw yang beredar di pasaran, selain harga yang lebih murah, kualitas sensor langsam KW lebih rendah (mudah rusak lagi).
Sekian dan semoga berguna :)

Sedikit tips ketika ingin membeli part ini, pastika benar-benar kalau memang sensor langsam ini yang rusak pada mobil Avanza/Xenia 1.300cc sobat. Karena kebanyakan bila membeli di toko spare part, sensor langsam ini tidak ada garansi dan tidak bisa dikembalikan.

Tags :
Sensor ISC Avanza Xenia
Sensor langsam Avanza
Sensor langsam Xenia
Sensor idle Avanza
Sensor idle Xenia
Actuator assy idle speed control Avanza / Xenia

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Impresi Fisik Sensor ISC Xenia/Avanza 1.300cc Kemasan Daihatsu Dan Toyota "

  1. Kmrn waktu mudik smpet rusak jg di perjapanan sensor ISC ny pnt si xenia. Akhirnya beli dan trnyta gk pas. Dan gk garansi.. jd pengalaman aj dch

    ReplyDelete
  2. Pernah ganti sekitar 6 sd 8 bulan yang lalu. Tp kok akhir2 ini langsamnya gak sip lh ya, kayak mau mati gitu tp gak sampai mati, pernah mati sekali.
    Apa ini gr2 isc nya yg udah rusak lago atau ada part lain yg sowak? Sudah waktunya servive rutin jg sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi isc nya kotor...atau memang sudah waktunya servis rutin...trims

      Delete