Apa Bedanya Dekrup Xenia dan Avanza 1.3 ?

Halo semua ...
Banyak pertanyaan masuk dan pertanyaan dilapangan mengenai apakah sama dekrup atau matahari kopling atau bahasa teknisnya cover clutch untuk Daihatsu Xenia 1.3 dan Toyota Avanza 1.3 yang sama-sama mobil rakitan Astra.
Ada yang bilang punya Toyota lebih bagus, lebih tahan lama dan sebagainya. Nah kali ini saya mau kasih sedikit pencerahan apakah benar hal tersebut ?
Mari kita lihat perbedaan fisik dari kotak dan isinya...

Dekrup/Matahari Kopling/Cover Clutch
Part number 31210-BZ021-001
HET Rp 475.000

Fisik Kotak
Dari fisik kotak terlihat nyaris sama dimensinya, kotak Toyota sedikit lebih rapi. Perbedaan utamanya jelas terlihat dari tulisan dikotaknya. Untuk Toyota tertulis Toyota Lexus Genuine Parts, untuk Daihatsu tertulis Daihatsu Genuine Parts. Label nomor part Toyota ada di bagian bawah sedangkan Daihatsu ada di pojok kiri atas.

Unbox Kotak 
Ketika kotak dibuka ada sedikit perbedaan dari cara pakingan benda ini, pada dekrup Toyota dibungkus dengan plastik yang agak buram serta plastiknya bisa dibuka langsung tanpa perlu digunting bungkusannya.
Sedangkan dekrup Daihatsu dibungkus plastik yang lebih bening dan agak tebal serta perlu digunting maupun disobek untuk mengeluarkan dekrup dari kemasannya.

Fisik Dekrup
Nah ini yang jadi penasaran pastinya. Ketika kedua dekrup ini dibandingkan ternyata sama saja tanpa ada perbedaan. Kedua dekrup memiliki fisik yang sama dengan beberapa tulisan di dekrup yakni Daihatsu dan Aisin. Di dekrup Toyota pun tertulis Daihatsu bukan Toyota. Toh memang wajar Avanza dan Xenia memang sama-sama buatan Astra. Tidak ada perbedaan sama sekali dari fisik. Untuk dekrup Daihatsu sedikit lebih unggul karena sudah dilengkapi stiker hologram keaslian produk.

Penampakan belakangnya
Dekrup Toyota
Dekrup Daihatsu


Kesimpulannya sama saja kedua dekrup diatas, hanya berbeda box/kotaknya saja namun bisa saling pakai antara Xenia 1.3 dan Avanza 1.3. Harganya pun sama.
Semoga berguna :)

Pict by Liriapro


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Bedanya Dekrup Xenia dan Avanza 1.3 ? "

Post a Comment