3 Teknik Posisi Menikung Sepeda Motor

Halo semua...
Salah satu teknik mengendarai sepeda motor yang wajib dipelajari adalah menikung, (bukan menikung gebetan orang ya), tapi menikung di tikungan alias cornering. Ya, menikung pun ada tekniknya, bukan sembarangan demi keselamatan kita sebagai rider dan sepeda motor kesayangan kita. Untuk itu perlu kita pelajari teknik menikung sesuai postur tubuh seperti yang dimuat pada buletin Honda Kita edisi 2010 silam, ini dia...
Edited by Liriapro

Teknik Lean With The Bike
Adalah teknik menikung dengan postur tubuh mengikuti kemiringan sepeda motor, saya rasa ini teknik menikung paling umum di jalan raya dan rata-rata hampir semua rider menerapkan teknik ini.

Teknik Lean Out
Ini adalah teknik yang rada unik karena postur tubuh kita tetap tegak dangan kondisi motor sudah rebah ke arah menikung. Teknik ini sangat jarang saya lihat di jalanan karena teknik ini biasanya dipakai di arena grasstrack / crosser.

Teknik Lean In 
Teknik lean in ini populer di arena balap motor seperti motoGP contohnya. Posisi rider lebih rebah dibandingkan posisi motornya (lihat gambar). Teknik seperti ini diperlukan di arena balap untuk mengimbangi gaya sentrifugal yang bisa melempar sepeda motor keluar tikungan dan harus diimbangi dengan badan yang direbahkan. Tau sendiri kan di motoGP kalau ridernya menikung dikecepatan berapa ?  

Image: motorudug.blogspot.id

Untuk bro-sis yang aktifitasnya menggunakan sepeda motor untuk transportasi sehari-hari  di jalan raya sebaiknya menggunakan teknik lean with the bike karena feel ridingnya lebih dapat dan kecepatan motor kita di jalan raya tentu tak sekencang di arena balap.

Semoga berguna...

Referensi 
-Liriapro 
-Buletin Honda Kita edisi Mei 2010 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Teknik Posisi Menikung Sepeda Motor"

Post a comment