Honda Supra dari masa ke masa

Generasi Honda Supra dari masa ke masa

Halo Sobat Liria
Siapa yang tidak kenal Honda Supra, bebek buatan pabrikan sayap mengepak ini sudah mengaspal di Indonesia mulai dari tahun 1997, dikenal sebagai motor bebek yang irit, tarikan responsif, serta mudah perawatan membuat motor ini laris penjualannya, dan beberapa generasi Honda Supra hadir sesuai tuntutan jaman. Nah kali ini Liria mau bahas perjalanan panjang generasi Honda Supra dari awal ia lahir .


Honda Astrea Supra
Diluncurkan pada tahun 1997  sebagai penerus dari Astrea Grand , dengan bodi yang ramping dan modern pada zamannya , rem depan belakang tromol serta mesin 100CC SOHC 2 Valve Air Cooled (C100) , bobot motor ini juga tergolong ringan hanya 99kg sehingga mudah dikendarai .


Honda Astrea Supra X
Diluncurkan pada tahun 2000 dengan penambahan fitur rem cakram pada roda depan serta striping yang lebih dinamis .Pada tahun 2002 Supra X mendapat facelift pada lampu sein yang semula memakai lensa kuning menjadi lensa bening .
Supra X lensa bening
Supra XX
Diluncurkan tahun 2002 , yang membedakan dengan Supra X adalah Supra XX ini menggunakan kopling manual , desain bak kopling dan bak magnit serta striping yang berbeda dengan Supra X . Motor ini kurang laris di pasaran .

Honda Supra V
Diluncurkan berbarengan dengan Supra XX namun Supra V ini merupakan versi ekonomisnya, tetap dengan kopling manual namun masih rem tromol di roda depan serta indikator gigi spedometer hanya netral dan top gear saja . Nasib motor ini sama dengan Supra XX , kurang laris dipasaran . Supra XX dan Supra V disuntik mati produksinya sekitar tahun 2004 (cmiww) .

Supra FIT
Honda Supra Fit lahir tahun 2003 sebagai paket hemat dari Supra X , dengan mesin masih tetap berkapasitas 100cc namun terdapat perubahan pada ruang bakar (bentuk piston dan panjang rantai timing ), indikator gigi hanya netral dan top gear, dan terdapat pilihan tipe rem tromol atau cakram pada roda depan . Supra Fit juga memiliki desain yang berbeda pada lampu depan ( double headlight bulb ) serta perubahan kecil pada stoplamp . Motor ini lumayan laris dipasaran saat itu disaat motor cina mulai mendominasi tanah air.

Supra X 125D
Desain Supra X berubah total di Supra X 125 , meneruskan kesuksesan Karisma dan Karisma X , Honda dengan percaya diri meluncurkan Supra X 125 dengan mesin yang sama dengan pendahulunya, yaitu Karisma (NF125)  . Motor ini memiliki desain yang modern saat itu dengan desain leg shield 3D , lampu sein di tebeng depan, velg jari jari, secure key shutter, digital spedometer , lensa lampu depan, velg masih tetap jari jari, dan model spion baru . Motor ini laris di pasaran karena terkenal bandel, irit ,tenaga yang responsif dan mudah perawatan . Supra X 125 ini memiliki varian rem cakram pada roda depan (Supra X 125D) dan varian rem tromol pada roda depan (Supra X125)

Supra X 125R
Supra X 125 R
Di tahun 2006 Honda meluncurkan versi sporty dari Supra X 125, yap, Supra X 125R . Hadir dengan velg racing (cast wheel) palang 5, visor pada cover handle , serta striping yang sporty bergaya muda semakin membuat laris penjualan motor ini .

Supra X 125DD
Di tahun 2006 juga Honda meluncurkan varian Supra X 125DD , tidak ada yang berubah dari segi desain/mesin , hanya penambahan rem cakram pada roda depan dan belakang (double disk brake) , velg jari jari, serta striping baru .

Supra X 125R PGM FI 2006
Supra X 125 PGM FI dan Supra X 125R PGMFI
Di tahun 2006 Honda juga meluncurkan bebek pertama bahkan motor pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi injeksi bahan bakar (PGM-Fi ) , desain tidak ada beda dengan Supra X 125 dan Supra X 125R  hanya berbeda striping .

New Supra Fit
New Supra Fit menggantikan Supra Fit generasi awal , muncul di tahun 2006 dengan body full baru , mesin tetap sama dengan generasi sebelumnya , perbedaan lainnya adalah jumlah mata rantai dan gear belakang. New Supra Fit ini juga dikenal dengan Supra Fit Jumbo (entah darimana asal muasal disebut jumbo) .


Warnanya eye catching banget !
New Supra Fit R
Selain New Supra Fit  , Honda juga meluncurkan New Supra Fit R , perbedaan hanya di velg yang sudah velg racing (cast wheel) serta warna dan striping yang lebih sporty .

New Supra X 125
Yap, di tahun 2008 akhirnya Honda merefresh tampilan body si raja, Supra X 125. New Supra X 125 ini berubah hampir pada seluruh body , knalpot yang lebih sporty (namun pelindung knalpot sudah ditiadakan ), rem cakram pada roda depan dan belakang , lampu sein menyatu dengan lampu senja ,serta lampu depan dual bulb . Part body yang tidak berubah adalah cover handle belakang, cover kunci kontak, cover center (cover body dibawah jok serta cover body sebelah kiri .

New Supra X 125 PGM FI
New Supra X 125 PGM FI merupakan versi injeksi dari New Supra X 125 carburator ,  perbedaannya hanya di sistem pengabutan bahan bakar yang sudah injeksi serta warna bodi dan striping saja .

Supra X Helm in, bebek berbagasi terbesar
Supra X Helm In
Di tahun 2011 Honda meluncurkan generasi baru di keluarga Supra, yaitu Supra X Helm In ,dengan bodi full baru serta bermesin 125cc generasi baru ,AHO,  karburator dan masih setia dengan kopling otomatis . Nilai jual dari motor ini adalah bagasi besar (19,5 liter ) yang bisa memuat 1 helm fullface . Agar bisa memiliki bagasi sebesar itu Honda memindahkan posisi baterai Supra X Helm In ke depan ( diatas cilinder head / dekat saringan udara) serta rangka yang lebar , secara keseluruhan motor ini terlihat besar dan joknya juga lebar , efek dari jok lebar yaitu nyaman dikendarai namun agak menyulitkan untuk orang yang bepostur agak pendek .

Supra X Helm In PGM FI
Tidak lama berselang ( sekitar tahun 2012,cmiiw ) Honda meluncurkan versi injeksi dari Supra X Helm In ini, desain masih tetap sama hanya berubah di sistem pengabutan bahan bakar yang sudah injeksi serta warna body dan striping yang lebih mewah .

New Supra X 125 CW 2014
New Supra X 125 CW
Setelah dari tahun 2008 hingga 2013 tanpa ada perubahan berarti ,  di tahun 2014 Honda meluncurkan Supra X 125 SOHC generasi terbaru. Dengan desain baru &  bermesin sama dengan Supra X Helm In ,injeksi,serta cakram depan dan belakang. Motor ini juga memiliki fitur baru yaitu power oulet (untuk charge hp/gadget) di dalam bagasi serta hook ( gantungan barang ) di dek tengah .

Supra GTR 150
Di tahun 2016 ini akhirnya Honda meluncurkan bebek berkopling manual lagi, Supra GTR , meninggalkan konsep 'Supra X' sebagai bebek kota , Honda membawa konsep turing pada Supra GTR ini , dengan mesin DOHC 150 CC manual clutch, radiator, 6 speed , monoshock, ban ukuran besar dan led headlight membuat motor ini tampil gagah dan modern . Supra GTR hadir untuk bersaing dengan Yamaha Jupiter MX King yang sudah hadir lebih dulu.


Begitulah perjalanan panjang Honda Supra, motor bebek Honda yang masih eksis hingga 2016 sekarang ini , meski namanya sudah 'pudar' karena penjualan motor bebek sudah dikalahkan skutik dan sport yang dari tahun ke tahun semakin meningkat , Honda Supra tetap masih memiliki penggemar dan komunitas . Tidak salah bila gelar Raja Motor Bebek disematkan ke Honda Supra .

Mohon komentar/koreksi agan semua bila ada kesalahan dalam penulisan tipe/tahun motor, terima kasih :)

Liriapro Blog
Whatsapp : 08116818921
Facebook : Liria Pro
Instagram : Liandi Pro
Sumber gambar : Google image














Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Honda Supra dari masa ke masa"

Post a Comment